KORELASI FASILITAS INTERNET DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FIAI UII
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan oleh Pembimbing
Disusun oleh :
Aziz Mudakir
(10422053)
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Maret 2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di jaman yang semakin maju dan modern ini, kita tak asing lg dengan yang namanya internet. Dengan adanya internet seseorang dapat mengambil segala informasi dan ilmu dalam jumlah yang tak terbatas. Dapat dikatakan komputer dan internet dizaman sekarang merupakan kebutuhan pokok mahasiswa yang tidak dapat dipisahkan untuk belajar dan memperluas pengetahuannya. Sehingga mahasiswa yang memiliki komputer dan internet seharusnya lebih berkreasi, pandai dan luas wawasannya. Seperti layanan World Wide Web yang sering disingkat www merupakan fasilitas internet yang paling banyak digunakan saat ini di samping email. Situs web adalah informasi yang dapat diakses oleh seluruh pengguna internet dari seluruh dunia. Informasi yang ditempatkan dalam situs web itu dapat berupa tulisan, gambar, animasi, suara, dan video klip dan lain-lain.
Dalam mempelajari ilmu pengetahuan perlu adanya suatu pendukung yang bisa membuat kita mengerti dengan baik tentang ilmu yang dikaji. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang bisa mendukung proses berjalannya pendidikan khususnya pada media internet. Sehingga antara guru dan siswa dapat memperoleh informasi dan sumber ilmu pengetahuan dengan baik dan maksimal sebab menggunakan media internet yang jangkauannya sangat luas. Dengan demikian dapat mencari informasi yang sesuai dengan materi yang dipelajari di sekolah.
Internet merupakan gabungan dari jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung. Sedangkan disisi lain internet juga merupakan sumber informasi luas yang memanfaatkan jaringan-jaringan komputer itu sebagai medianya. Sehingga dapat terhubung keseluruh penjuru dunia dengan mudah dan cepat dalam mengaksesnya, baik dalam mengirim berita atau memperoleh informasi.
Fasilitas internet tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan khusus pendidikan akan tetapi dapat memberikan dukungan untuk keperluan militer, kalangan akademisi, media massa, maupun bisnis. Oleh karena itu, kegunaannya sangat membantu bagi siapa saja yang ingin menggunakan media tersebut.
Dengan demikian, mengarah pada tujuan pendidikan suatu lembaga pencapaiannya tergantung pada efektifitas pendidikan dan hasilnya ditentukan oleh beberapa faktor seperti siswa, guru, kurikulum, fasilitas dan lingkungan. Dalam hubungannya dengan dunia pendidikan, media internet dapat digunakan sebagai sarana yang mendukung memperoleh informasi dan sumber belajar dengan baik untuk guru dan siswa dalam proses belajar mengajar (BM), sehingga fungsi dari media internet itu mencapai sasarannya yaitu sebagai sarana informasi antara keduanya, dimana penerima dapat memahami isi pesan yang terdapat dalam media tersebut. Sehingga dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa dalam materi pendidikan agama Islam.
Apalagi dengan adanya metode pembelajaran jarak jauh internet adalah kebutuhan utama. Menggunakan media internet dalam pendidikan sebagai hakikat e-learning (Cambell dan Kamarga : 2002). Istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi internet (Onno W. Purbo : 2002). Definisi yang lebih luas bahwa: e-learning adalah system pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer maupun komputer stand alone (Terms :2001)
Sebagai media pendidikan komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan pada Mahasiswa FIAI UII dalam kenyataannya masih banyak pelajar mahasiswa FIAI yang mengakses internet tidak untuk belajar. Ia hanya senang bemain game online, facebook, YM, bahkan mengakses situs-situs porno dan kejahatan-kejahatan lainnya. Situs-situs porno dapat diakses kapanpun oleh mahasiswa FIAI bagi yang di kos-kosanya tersedia komputer atau laptop yang sudah terkoneksi dengan internet, Ia mempunyai peluang dan keinginan yang besar untuk mengakses situs-situs porno tersebut.
Seperti yang dipaparkan oleh pakar telematika kita Roy Suryo bahwa penyalahgunaan internet di Indonesia masih tinggi dan menduduki peringkat kedua setelah Ukraina. Internet yang seharusnya digunakan untuk mencari/mengakses suatu informasi malah digunakan untuk mengakses situs-situs porno. Tidak jauh berbeda Fathul Wahid ST MSc, salah satu Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII (Suara Merdeka, 10 April 2008), mengemukakan bahwa Yogyakarta dan Semarang menduduki peringkat pertama yang memanfaatkan jasa pelayanan untuk menemukan segala sesuatu yang berkaitan dengan kata sex dan porno.
Di Fakultas FIAI juga saya temukan adanya penyalahgunaan penyediaan komputer yang terkoneksi internet di ruang Aula dan Perpustakaan FIAI dan penyediaan jaringan hotspot , kebanyakan mereka adalah untuk mengakses facebook dan jejaring-jejaring social lainnya yang tidak ada kaitannya dengan pendidikan. Meskipun bukan situs porno namun akses itu dianggap penyalah gunaan. Karena tujuan penyediaan internet dan komputer itu untuk mengakses data dan informasi mahasiswa untuk referensi belajar.
Maka dari hal tersebut saya memilih mahasiswa FIAI UII yang biasa mengakses internet menjadi subyek penelitian saya, apakah ada hubungan antara fasilitas internet dengan prestasi belajar mahasiswa FIAI UII. Karena menurut peneliti seseorang yang mempunyai fasilitas internet akan lebih banyak mengakses internet dari pada yang tidak mempunyai fasilitas internet.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahannya adalah :
1. Bagaimanakah pemanfaatan fasilitas internet oleh mahasiswa FIAI UII ?
2. Bagaimanakah prestasi mahasiswa FIAI UII ?
3. Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas internet dengan prestasi belajar mahasiswa FIAI UII?
C. Tujuan :
1. Ingin mengetahui pemanfaatan fasilitas internet oleh mahasiswa FIAI UII
2. Ingin mengkaji prestasi mahasiswa FIAI UII
3. Ingin mendapatkan gambaran tentang hubungan yang signifikan antara fasilitas internet dengan prestasi belajar mahasiswa FIAI UII
D. Manfaat :
1. Manfaat Teoritis
Secara teoritis penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi untuk penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan internet dalam mengembangkan kreativitas proses pembelajaran, serta dapat menambah pemahaman mengenai manfaat internet sebagai media belajar.
2. Manfaat Praktis
Hasil penelitian ini diharapakan dapat digunakan sebagai informasi :
a. Bagi Dosen
1) Mampu mengakses teknologi informasi dan komunikasi dengan mahir.
2) Meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
3) Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman dalam ruang lingkup yang lebih luas guna menunjang profesinya sebagai guru.
b. Bagi Mahasiswa
1) Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan nyata dan membantu dalam tugas perkuliahan.
2) Membantu perkembangan dan keterlibatan aktif dalam proses belajar.
3) Mahasiswa dapat memperoleh sumber belajar yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja..
4) Memberikan meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas mahasiswa dalam dunia teknologi.
c. Bagi Fakultas
1) Pengembangan jaringan dan kerjasama strategis antara universitas dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengembangan.
2) Sebagai masukan yang bersangkutan dengan usaha fakultas untuk meningkatkan mutu pendidikan dan faktor-faktor pendukung keberhasilan mahasiswa.
d. Bagi Peneliti
Memperoleh wawasan dan pemahaman baru mengenai salah satu aspek yang penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini yaitu pemanfaatan internet dalam kaitannya dengan proses pembelajaran dan implementasinya terhadap prestasi belajar. Dengan demikian, diharapkan peneliti sebagai calon guru siap melaksanakan tugas sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman.
1. Internet memudahkan dalam belajar, siswa sangat terbantu dalam mendapatkan informasi tambahan selain buku-buku yang ada di perpustakaan atau buku-buku paket pegangan siswa.
2. Pengetahuan bertambah luas, dengan internet informasi yang didapat siswa menjadi lebih beragam.
3. Memperluas sajian yang diadakan di kelas, karena jika informasi yang didapat dari guru ataupun buku-buku paket yang ada dirasa kurang memenuhi keingin tahuan siswa, maka untuk lebih jauh dalam mendapatkan informasi tambahan sebagai alternatifnya adalah sumber belajar internet.