Rencana ke 1 Mata Pelajara : Fiqih
Topik : Jual beli
Kelas/Semester : IX/Gasal
Waktu : 180 menit
A. KOMPETENSI DASAR
-Menjelaskan tata cara pelaksanaan jual beli yang benar
B. INDIKATOR
¨ Mejelaskan pengertian dan pembagian muamalat
¨ Menjelaskan pengertian jual beli dan dalilnya
¨ Menjelaskan syarat jual beli
¨ menjelaskan rukun jual beli
¨ Menjelaskan bentuk jual beli yang dilarang
¨ Menjelaskan bentuk jual beli sah tapi terlarang
¨ Mampu melaksanakan jual beli dengan benar
C. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media
¨ Barang yang berada disekitar siswa yang biasa diperjual belikan (misalnya : tas, sepatu, buku)
¨ Contoh-contoh atau gambar Benda atau barang yang dilarang diperjual belikan ( misal : kartu domino, miras dan lain-lain)
¨ Alat tukar (uang)
¨ 1 lembar pengamatan
D. SKENARIO PEMBELAJARAN
Pertemuan I :
¨ Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu yaitu membahas tentang jual beli
¨ Tanya jawab tentang kegiatan jual beli yang terjadi disekitar siswa
¨ Mendiskripsikan pengertian dan dalil jual beli
¨ Merancang pengamatan terhadap praktik jual beli dengan mengemukakan perumusan masalah, hpotesis dan prosedur langkah-langkahnya
¨ Melaksanakan pengamatan
Pertemuan II :
¨ Siswa di bagi dalam tiga kelompok
¨ Masing-masing kelompok Mengidentifikasi macam-macam jual beli yang terjadi di masyarakat
¨ kelompok 1 bertugas mengidentifikasi jual beli yang dihalalkan oleh syara’
¨ Kelompok 2 bertugas mengidentifikasi jual beli yang sah tapi terlarang
¨ Kelompok 3 bertugas mengidentifikasi jual beli yang diharamkan oleh syara’
¨ Menyimpulkan hasil pengamatan dan identifikasi serta membandingkan dengan referensi
¨ Melaporkan hasil pengamatannya secara tertulis
E. PENILAIAN
Penilaian kegiatan ini didasarkan pada :
¨ Kerja sama dalam kelompok
¨ Format lembar kerja yang telah diiisi oleh siswa
¨ Ulangan Blok
Mengetahui ……………………….
RENCANA PEMBELAJARAN ke 2
Mata Pelajaran : Fiqih
Topik : Khiyar dalam jual beli
Kelas/Semester : IX/Gasal
Waktu : 90 menit
1. KOMPETENSI DASAR
-Menjelaskan tata cara khiyar
2. INDIKATOR
¨ Menjelaskan pengertian khiyar
¨ Menunjukkan dalil tentang diperbolehkannya khiyar dalam jual beli
¨ Menjelaskan macam-macam khiyar
¨ Menjelaskan tata cara khiyar dengan benar
¨ Mempraktekkan khiyar dengan benar
C. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media
1. Barang yang berada disekitar siswa yang biasa diperjual belikan (misalnya : tas, sepatu, buku)
2. Alat tukar (uang)
D. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu yaitu membahas tentang jual beli
2. Guru menyampaikan beberapa kasus yang terjadi berkaitan kegiatan jual beli di masyarakat.
3. Diskusi kelas tentang praktik khiyar yang terjadi di masyarakat
4. Menyimpulkan kegiatan
5. Siswa mengerjakan tuigas mandiri
E. PENILAIAN
Penilaian kegiatan ini didasarkan pada :
1. kesungguhan siswa dalam kegiatan KBM
2. Inisiatif individu
3. Lembar kerja siswa
RENCANA PEMBELAJARAN
ke 3
Mata Pelajaran : Fiqih
Topik : Qiradh
Kelas/Semester : IX/Gasal
Waktu : 90 menit
A. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan tata cara pelaksanaan qiradh
B. INDIKATOR
¨ Menjelaskan pengertian Qiradh
¨ Menunjukkan dalil tentang hukum qiradh
¨ Menjelaskan hukum qiradh
¨ Menjelaskan bentuk-bentuk qiradh
¨ Mempraktekkan qiradh dengan benar
C. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media
1. Uang
D. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu yaitu membahas tentang qiradh
2. Guru menyampaikan illustrasi berkaitan dengan masalah qiradh
3. Diskusi kelas tentang praktik qiradh yang terjadi di masyarakat
4. Menyimpulkan kegiatan dan membandingkan dengan referensi
Siswa mengerjakan tuigas mandiri
E. PENILAIAN
Penilaian kegiatan ini didasarkan pada :
1. Aktifitas siswa dalam kegiatan diskusi
2. Inisiatif individu
3. Lembar kerja siswa
RPP ke 4
Topik : Hutang, gadai, dan borg
Kelas/Semester : IX/Gasa
Waktu : 90 menit
A. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan tata cara berpiutang, gadai dan borg dengan baik
B. INDIKATOR
¨ Menjelaskan pengertian hutang piutang, gadai, borg (agunan)
¨ Menunjukkan dalil yang berkenaan dengan hutang piutang, gadai dan borg
¨ Membedakan pemanfaatan barang gadai dan borg
¨ Menjelaskan kewajiban orang yang berhutang
¨ Menjelaskan manfaat dan mafsadat perkreditan
C. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media
¨ Uang
¨ Jam tangan
¨ Foto copy Sertifikat tanah
D. SKENARIO PEMBELAJARAN
¨ Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu yaitu membahas tentang hutang piutang, gadai dan borg.
¨ Guru menyampaikan beberapa sebab yang melatar belakangi terjadinya hutang piutang, gadai dan borg
¨ Diskusi kelas tentang praktik hutang piutang, gadai dan borg yang terjadi di masyarakat
¨ Merancang pengamatan terhadap praktik gadai dan borg dengan mengemukakan perumusan masalah, hpotesis dan prosedur langkah-langkahnya
¨ Melaksanakan pengamatan
¨ Menyimpulkan kegiatan dan membandingkan dengan referensi
¨ Siswa mengerjakan tuigas mandiri
E. PENILAIAN
Penilaian kegiatan ini didasarkan pada :
¨ Aktifitas siswa dalam kegiatan diskusi
¨ Inisiatif individu
¨ Lembar kerja siswa
RENCANA PEMBELAJARAN
NO. 05
Mata Pelajara : Fiqih
Topik : upah, hiwalah dan luqathah
Kelas/Semester : IX/Gasal
Waktu : 90 menit
A. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan tata cara pelaksanaan upah, hiwalah dan luqathah
B. INDIKATOR
¨ Menjelaskan pengertian Menjelaskan pengertian upah, hiwalah, dan luqathah
¨ Menunjukkan dalil tentang upah, hiwalah dan luqathah.
¨ Menjelaskan syarat dan rukun upah, hiwalah dan luqathah
¨ Menjelaskan kewajiban orang yang menemukan barang
¨ Mampu mempraktikkan melaksanakan upah, hiwalah dan luqathah dengan benar
C. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media
¨ Uang
¨ Jam tangan
D. SKENARIO PEMBELAJARAN
¨ Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu yaitu membahas tentang upah, hiwalah, dan luqathah
¨ Siswa mendiskripsikan pengertian upah, hiwalah dan luqathah
¨ Mengadakan pengamatan terhadap praktek pengupahan, hiwalah dan luqathah di sekitar siswa
¨ Mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan dengan upah, hiwalah dan luqathah
¨ Menyimpulkan hasil pengamatan dan membandingkan dengan referensi
¨ Melaporkan hasil pengamatannya secara tertulis
¨ Melaksanakan tugas kelompok dan tugas mandiri
C. PENILAIAN
Penilaian kegiatan ini didasarkan pada :
¨ Kerja sama dalam kelompok
¨ Format lembar kerja yang telah diiisi oleh siswa
¨ Ulangan Blok
RENCANA PEMBELAJARAN
NO. 06
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX/Gasal
Pertemuan ke- : 7
Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi : Menjauhi perbuatan riba
A. KOMPETENSI DASAR
· Menjelaskan ketentuan-ketentuan riba
· Menjelaskan bunga bank
· Menjelaskan pendapat ulama tentang bunga bank
· Mendemonstrasikan perbuatan riba
B. INDIKATOR
¨ Menjelaskan pengertian Riba
¨ Menunjukkan dalil tentang riba
¨ Menjelaskan jenis-jenis riba
¨ Menjelaskan dalil haramnya riba
¨ Menjelaskan bunga bank
¨ Menjelaskan pendapat ulama mengenai bunga bank
¨ Mampu meniggalkan praktik riba
C. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media
¨ Uang
¨ Jam tangan
¨ Barang berharga lain disekitar madrasah
D. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
¨ Mengucapkan salam dan menyapa siswa
¨ Melakukan absensi siswa
¨ Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu yaitu membahas tentang riba
Kegiatan inti
· Mendiskripsikan pengertian riba
· Mengidentifikasi bentuk-bentuk riba
· Menunjukkan dalil yang berhubungan dengan hukum riba
· Diskusi kelompok tentang pendapat ulama berkaitan dengan masalah hukum bunga bank menurut Islam
Penutup
¨ Menyimpulkan kegiatan bersama-sama
¨ Memberikan resitasi kepada siswa
¨ Menutup dengan mengucap hamdalah
E. PENILAIAN
Penilaian kegiatan ini didasarkan pada :
¨ Kerja sama dalam kelompok
¨ Format lembar kerja yang telah diiisi oleh siswa
¨ Ulangan Harian
RENCANA PEMBELAJARAN
NO. 07
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX/Gasal
Pertemuan ke- : 9
Waktu : 2 X 40 menit
Standar Ko Kompetensi : Memahami hukum Islam tentang jenazah
A. KOMPETENSI DASAR
· Menjelaskan tata cara mengurus jenazah
B. INDIKATOR
¨ Menjelaskan tata cara memandikan, mengkafani, menyalatkan dan menguburkan jenazah
¨ Menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban jenazah yang belum terselesaikan
¨ Mampu mempraktekkan dalam pengurusan jenazah.
D. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media
¨ Kain kafan
¨ Perlengkpan mandi (sabun, sarung tangan, sarung, gayung dll)
¨ Perlengkapan shalat jenazah
C. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
¨ Mengucapkan salam dan menyapa siswa
¨ Melakukan absensi siswa
¨ Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi
¨ Guru menjelaskan materi bahasan dalam diskusi
2. Kegiatan inti
Siswa diskusi kelompok tentang
a. tata cara memandikan dan mengkafani jenazah
b. siswa mempraktekkan memandikan dan mengkafani jenazah
c. Mendiskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban jenazah yang belum terselesaikan
3. Penutup
¨ Menyimpulkan kegiatan bersama-sama
¨ Memberikan resitasi kepada siswa
¨ Menutup dengan mengucap hamdalah
¨ Merancang pengamatan terhadap praktik proses pengurusan jenazah sejak meninggal sampai menguburkan yang terjadi disekitar siswa
E. PENILAIAN
Penilaian kegiatan ini didasarkan pada :
¨ Kerja sama dalam kelompok
¨ Unjuk kerja
¨ Format lembar kerja yang telah diiisi oleh siswa
¨ Ulangan ulangan harian