LAPORAN AKHIR
KULIAH KERJA NYATA
ANGKATAN 47SEMESTER GANJIL
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Dusun Jetis, Desa Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa
Yogyakarta
Disusun Oleh:
Nama : Aziz Mudakir
No. Mahasiswa : 10422053
Fakultas /Jurusan : FIAI / PAI
Unit /Model : SL - 32 / Reguler II
UNIVERSITAS ISLAM
INDONESIA
DIREKTORAT
PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARATKAT
PUSAT KULIAH KERJA NYATA
YOGYAKARTA
2013
HALAMAN PENGESAHAN
Mahasiswa yang
tersebut di bawah ini:
Nama :
Aziz Mudakir
No. Mahasiswa : 10312202
Fakultas / Jurusan : FIAI / PAI
Model KKN : Reguler 2
Semester Ganjil
Setelah
melalui proses validasi program dihadapkan kepala wilayah/instansi serta
pembimbingan dan pertanggung jawaban program di hadapan pembimbing 1, laporan
KKN PPM Model Reguler 2 Semester Ganjil ini dapat DISYAHKAN.
Yogyakarta, 12 Desember 2013
Mengetahui/ Menyetujui:
Kepala Desa/ Lurah
Kepala Dukuh
Anjar
Agus Haryanto
Dosen Pembimbing Lapangan 1 Dosen Pembimbing Lapangan 2
Ir. Tuasikal. M. Amin, M.S
M.
Arif Rizky S.Psi
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Alhamdulillahirabbil’alamiin, puji syukur kehadirat Allah
SWT yang telah melimpahkan rahmat, kesehatan dan kesempatan, sehingga
penulis dapat menyelesaikan dan membuat laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Universitas Islam Indonesia (UII) Semester Genap Model Reguler 2 di
lokasi di Dusun jetis, DesaSumberrejo, Kecamatan Tempel,
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Sholawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan
kepada Nabi Muhammad SAW, yang memberikan suri tauladan bagi umat manusia dan membimbing
manusia pada kehidupan yang lebih baik.
Laporan Kuliah Kerja Nyata ini
disusun sebagai salah satu prasyarat penilaian dari program Kuliah Kerja Nyata,
untuk mengetahui sejauh mana program kegiatan mahasiswa dalam melaksanakan KKN
dapat terealisasi dengan baik.
Penulis menyadari bahwa dalam pelaksanaan kuliah Kerja Nyata dan penyusunan laporan ini tidak
terlepas dari bimbingan, dorongan dan bantuan baik material dan spiritual dari
berbagai pihak, Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1. ALLAH SWT, yang selalu ada dalam
setiap langkah saya, atas karunia dan
hidayah akal serta pikiran, kekuatan dan atas segala kemudahan.
2.
Kedua
orang tua yang selalu mendoakandan Memotivasi dari jauh.
3. M Arif Rizqi, S.Psi selaku Dosen
Pembimbing Lapangan 2.
4. Bapak Agus Haryanto selaku Kepala
Dusun Jetis beserta keluarga.
5. Bapak Wildan Solichin, S.IP., MT
selaku Kepala Kecamatan beserta staf Kecamatan Tempel.
6. Bapak Anjar selaku Kepala Desa
beserta staf Desa Sumerrejo
7. Bapak Ustad Asngari selaku
pengasuh PON – PES Darussalam
8. Bapak– bapak Serta Ibu – Ibu Ketua
RT RW Padukuhan Jetis Terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya selama KKN.
9. Jamaah Tahlil, yasin, Al-Berjanji
padukuhan Jetis. Terima kasih atas Partisipasinya.
8. Remaja masjid serta Adik- adik TPA Padukuhan Jetis.
9. Teman-teman
seperjuangan Unit SL-32. Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya
selama ini
10. Seluruh warga Padukuhan
Jetis beserta semua
pihak yang membantu kegiatan KKN ini dan mungkin
tidak bisa saya tulis satu persatu.
Penyusunaan laporan
KKN ini masih jauh dari sempurna, maka dari itu kami membuka kritik dan saran
dari semua pihak. Harapan kami semoga laporan akhir ini dapat bermanfat bagi
semua pihak yang berkepentingan serta bagi masyarakat Padukuhan Jetis dalam
pembangunan selanjutnya. Amin.
Harapan penulis semoga sesuatu yang telah dilaksanakan dapat dimanfaatkan secara
optimal serta mendapatkan hikmah yang berharga dari apa yang dirasakan selama
pelaksanaan kegiatan KKN Universitas Islam Indonesia
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Yogyakarta 12 Desember 2013
Penulis
(Aziz
Mudakir)
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
SURAT KETERANGAN......................................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................................. iii
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iv
DAFTAR ISI............................................................................................................ vi
ABSTRAKSI............................................................................................................. viii
BAB I REKAM PROSES PELAKSANAAN KEGIATAN.................................. 1
1.1.
PRA PELAKSANAAN.............................................................................. 1
1.2.
URAIAN
PELAKSANAAN KEGIATAN............................................... 4
1.2.1.
Dakwah Islam........................................................................................... 5
1.2.2.
Bimbingan Belajar Anak......................................................................... 6
1.2.3.
PengaktifanRemaja................................................................................. 8
1.2.4.
Perbaikan
Sarana Ibadah....................................................................... 10
1.2.5.
Jam Kerja Unit........................................................................................ 13
1.2.6.
Jam
Bantu Antar Teman........................................................................... 16
1.2.7.
Jam
Bantu Masyarakat............................................................................. 18
1.2.8.
Total
Waktu Kegiatan............................................................................... 21
BAB II PROSES PEMBELAJARAN .................................................................... 22
BAB III PENUTUP.................................................................................................. 24
LAMPIRAN.............................................................................................................. 27
A.
Daftar
Hadir Masyarakat dan Lain-Lain
B.
Matrik
Program Kegiatan
C.
Modul
Program yang Disampaikan
D.
Rekapitulasi
Dana
ABSTRAKSI
Pembangunan adalah hal mutlak yang harus
dilaksanakan oleh bangsa Indonesia dan seluruh bangsa lain di dunia.
Pelaksanaan pembangunan di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah saja
melainkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai otonomi daerah, maka
pemberdayaan masyarakat desa harus lebih
ditingkatkan baik sumber daya alam yang
ada, maupun sumber daya manusia sebagai subjek dan objek pembangunan.
Pembangunan yang menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarkat, tentu saja
tidak lepas dari peran serta berbagai pihak, yaitu instansi pemerintah, swasta,
masyarakat maupun perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga ilmiah.
Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat Jasmani
Maupun Rohani tidak cukup dilakukan penanganan secara medis saja akan tetapi
ada beberapa sektor pendukung yang berperan untuk membantu terciptanya status
kesehatan masyarakat, sektor-sektor tersebut
antara lain sektor Keagamaan, pertanian, ekonomi, sosio-budaya, demografi dan
lingkungan.
Adanya Kuliah Kerja Nyata diharapkan mahasiswa dapat memberikan
alternatif solusi terhadap permasalahan yang ada khususnya masalah kesehatan
dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai program pendidikan, dalam kegiatan
pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa mengamalkan ilmu dan menanggulangi
masalah secara pragmatis.
Kuliah Kerja Nyata adalah kuliah intrakulikuler
berbentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat dan mencakup seluruh catur darma
Universitas Islam Indonesia dalam aspek pendidikan, pengajaran, penelitian,
pengabdian pada masyarkat dan dakwah islamiyah yang dilakukan oleh mahasiswa
secara berkelompok dan interdisipliner. KKN ini berlokasi di Dusun Jetis, Desa
Sumberrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
(DIY).
Daerah Dusun Jetis memiliki warga
mencakup anak-anak, orang tua dan Ibu-ibu yang cukup antusias
melaksanakan kegiatan keagamaan. Namun Untuk pemuda Kurangnya kesadaran akan
pentingnya aktif melaksanakan kegiatan keagammaan seperti kegiatan Alberjanji, Tahlil
dan Lain sebagainya. Kegiatan keagamaan untuk pemuda masih tertidur karna
kesibukan mereka di luar kegiatan keagamaan menjadi salah satu penyebab permasalahan
tersebut. Pengaktifan Remaja sangatlah penting untuk menjalin silaturohmi satu
dengan yang lainya dan jika Remaja di suatu Dusun tidak bergerak maka dusun
ibarat Pasangan tanpa Anak, jadi bisa di katakan Dusun yang sunyi. Respon
masyarakat terkait program yang saya laksanakan sangat baik, warga sangat
mendukung salah satu program ini. Selain Pengaktifan Remaja, masyarakat Dusun
Jetis juga perlu Siraman Rohani atau Dakwah Islam dan pengetahuan tentang Agama
serta Pendidikan tambahan bagi anak, Respon
masyarakat terhadap program ini juga cukup baik ,serta masyarakat siap membantu
berpartisipasi dalam program ini.
Kata kunci: Pembangunan,
Dakwah Islam, Pengaktifan Remaja.
BAB I
REKAM PROSES
PELAKSANAAN KEGIATAN
Pengambilan
data
dilakukan untuk memperoleh data
selengkap-lengkapnya dari masyarakat selaku nara sumber sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap anggota.
Waktu pengambilan data
juga
digunakan untuk berkenalan dengan warga, sehingga semua anggota unit dapat mengetahui karakteristik setiap warga masyarakat.
Berdasarkan hasil pengambilan
data yang telah dilaksanakan, diperoleh data yang
kemudian dirumuskan menjadi aspek-aspek
permasalahan yang ada di Dusun Jetis, Desa Sumberejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).Peran mahasiswa disini sangat
dibutuhkan untuk membantu dalam pencarian solusi untuk mengatasi permasalahan
yang ada dengan bekal teori yang telah
didapat selama berada di bangku perkuliahan. Berikut
rangkaian kegiatan observasi yang telah dilakukan penulis :
1.1.
PRA
PELAKSANAAN
Tahap pra pelaksanaan ini dibagi dalam beberapa tahapan
yakni : pengambilan data, penyusunan rencana program, dan sosialisasi program.
1.1.1. Pengambilan
Data
1.
Pengambilan data pertama (Kamis, 31Oktober 2013 )
Sumber data pada wawancara hari pertama adalah BapakAgus H (Bapak Dukuh) dengan metode wawancara. Dari hasil wawancara, didapatkan data bahwa:
a.
Terdapat
3 RT 1 RW di Dusun Jetis
b.
Terdapat
1 masjid, 2 mushola, terdapat 2 pos kamling
c.
Terdapat
137 KK
2.
Pengambilan data kedua (Kamis, 31Oktober 2013; 14.50-15.36 WIB)
Sumber
data pada pengambilan data hari kedua
adalah BapakIsmianto (Ketua RT 3). Dari hasil
wawancara, didapatkan data bahwa:
a.
Kegiatan
gotong Royong sudah aktif
b.
Penerangan
jalan di RT 3 sudah baik
3. Pengambilan data ketiga ( Jumat, 1 November 2013 )
Sumber data pada pengambilan data hari
ketiga didapat dari Ibu Nuryati Ibu Dukuh), dengan metode wawancara. Dari hasil
wawancara, didapatkan data bahwa:
a.
Sudah
ada kegiatan rutin untuk Ibu-ibu
b.
Sudah
ada PKK.
c. Profesi Ibu-ibu rata sebagai
petani
4. Pengambilan data keempat ( Sabtu 2 November 2013 )
Sumber
data pada pengambilan data hari keempat didapat dari Mas Revi (Ketua Pemuda).
Dari hasil wawancara didapatkan data bahwa:
a. Dulu sudah ada kegiatan berjanji, tapi sekarang tidak ada kegiatan
keagamaan .
b. Ada perkumpulan pemuda sebulan sekali namun yang datang Cuma
sebagian pemuda
c. Pemuda pemudi Dusun Jetis
kebanyakan sudah bekerja
5. Pengambilan data kelima
(Senin, 4 November 2013 )
Sumber data pada pengambilan datahari kelima didapat dari Rumah Rt 1 . Dari hasil
wawancara, didapatkan data bahwa:
a.
Kegiatan
bapak-bapak, ibu-ibu sangat aktif
b.
Setiap
hari ada Tahlilan rutin dan bergiliran disetiap RT
6. Pengambilan data keenam (Selasa, 5 November 2013 )
Sumber
data pada pengambilan data hari keenam didapat dari Mbah Ida dan Mbah Fauzan, Dari hasil wawancara, didapatkan data bahwa :
a.
Banyak
warga dusun Jetis yang gemar mengikuti kegiatan keagamaan
b. Semua warga Jetis memeluk agama islam dan setiap
hari ada kegiatan rutin yakni tahlilan serta Al-berjanji
7. Pengambilan data ketujuh, (Rabu 6
November 2013)
Sumber data pada pengambilan
data hari ketujuh, adalah Bapak Asngari (Ustad),
dari hasil wawancara didapat bahwa:
a.
Fasilitas yang tersedia di Dusun Jetis adalah
masjid dan mushola
b.
Kegiatan TPA berjalan setiap hari, dan libur
pada hari jumat
Tabel
1.Kegiatan Pengambilan Data
No
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Uraian
Kegiatan
|
Tempat
Kegiatan
|
Keterangan Waktu
|
Jumlah Jam
|
1.
|
Kamis, 31 Oktober 2013
|
Perkenalan / silahturahmi dan bertanya mengenai kondisi lingkungan
sekitar, sosial dan budaya masyarakat
|
Rumah BapakAgus Harianto
(Dukuh)
|
13.00-14.00 WIB
|
1 Jam
|
2.
|
Kamis, 31
Oktober
2013
|
Perkenalan / silahturahmi dan bertanya mengenai keadaan masyarakat
|
Rumah Bapak Ismi(Ketua RT 3)
|
14.00-16.00 WIB
|
2 Jam
|
3.
|
Jumat 1
November April 2013
|
Perkenalan / silahturahmi dan bertanya mengenai kegiatan sosial dan
budaya masyarakat yang sering dilakukan,
|
Rumah Dukuh
( Ibu
Nuryanti)
|
15.00-18.00 WIB
|
3 Jam
|
4.
|
Sabtu, 2
November 2013
|
Perkenalam / bertanya mengenai kegiatan pemuda
|
Ketua Pemuda
(Mas Revi)
|
16.00-17.00 WIB
|
1 Jam
|
5.
|
Senin 4
November 2013
|
Observasi
dan wawancara warga mengenai kegiatan
Masyarakat
|
Rumah RT 1
|
12.00-1400
|
2 Jam
|
6.
|
Selasa 5
November 2013
|
Perkenalan / silahturahmi dan bertanya mengenai keadaan masyarakat
|
Wawancara / Mbah Ida dan Mbah Fauzan
|
14.00-16.00
|
2 Jam
|
7.
|
Rabu 6
November
|
Observasi
dan wawancara mengenai kegiatan TPA
|
Pak Asngari
( Ustad)
|
15.00-17.00
|
2 Jam
|
|
Total Durasi Waktu
|
13 Jam
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.1.
Penyusunan Rencana Program
dan Kegiatan
Setelah mengolah data-data, pegambilan data yang dilakukan
dengan
berkonsultasi dan berdiskusi dengan para tokoh-tokoh
masyarakat maka penulis memutuskan untuk menjalankan program yang berupa Dakwah
dan Pendidikan Islam ( DPI ) Beserta Prasarana, Sarana dan Teknologi ( PST) Program ini di
laksanakan pada tanggal 08 November
2013 – 6 Desember 2013 sasaranya kepada Bapak- bapak, Ibu- ibu Remaja,
dan Anak anak. Dengan memberikan pengajian, wawasan,perbaikan, pengajaran, dan
pelatihan.
1.1.3.
Sosialisasi Program
Pada kegiatan ini Mahasiswa KKN Unit 32 bersama perwakilan tokoh Masyarakat melakukan diskusi sekaligus memaparkan atau mensosialisakan
program yang telah direncanakan bersama-sama. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa 12 November 2013, pukul 19.30-21.30WIB. Pada kegiatan sosialisasi
yang dilaksanakan, tidak ada keberatan dan sanggahan dari masyarakat Dusun Jetis yang hadir, Mereka memberikan masukan terkait untuk
program kerja. Dalam acara Sosialisasi Program Mahasiswa KKN UII
UNIT SL-32, respon masyarakat terhadap program-program yang kami
paparkan sangat baik, dan mereka mendukung kegiatan program kami. Terdapat juga
beberapa warga yang menyampaikan bahwa program Dakwah
dan Pendidikan Islam ( DPI ) Beserta Prasarana, Sarana dan Teknologi ( PST ) sangatlah bermanfaat untuk
pengetahuan warga.
Berikut adalah gambar dokumentasi proses
sosialisasi :
Gambar 1. Sosialisasi program dirumah Bapak Dukuh
1.2.
URAIAN PELAKSANAAN PROGRAM INDIVIDU
Berikut adalah laporan pelaksanaan kegiatan program
individu :
1.2.1.
Dakwah
Islam
a. Latar
Belakang Masalah
Selama observasi dan wawancara
yang telah penulis lakukan, penulis menemukan bahwa di Dusun Jetis belum ada
pengajian rutin setiap minggu, Sehingga dari pihak bapak Dukuh serta Masyarakat
meminta Penulis untuk mengadakan program Dakwah Islam di sela kegiatan sosial
dan keagamaan seperti Tahlil, Arisan dan Al-barjanji.
b. Deskripsi Kegiatan
Kegiatan ini merupakan siraman
rohani, pengajian atau pemberian wawasan. Materi yang disampaikan berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari yang meliputi kehidupan bermasyarakat dan beragama,
mencakup Ibadah dan Ahlak
c. Tujuan Kegiatan
1. Memberikan wawasan tentang agama
2. Menumbuhkan Iman dan Taqwa
d. Sasaran
Seluruh warga Jetis, khususnya warga yang ikut jamaah
tahlil Bapak bapak, jamaah tahlil Ibu- ibu, serta jamaah Al-barjanji dan Jamaah
Arisan Para Dukuh. Targetnya 100
orang dan realisasinya 80 orang.
e. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan ini di Laksanakan di rumah
Warga yang kedapatan tempat bergilir, waktunya di sela kegiatan keagamaan
dengan durasi 15- 20 Menit.
f. Pelaksanaan
Kegiatan ini terlaksana di luar
jadwal karena mengikuti permintaan dari pihak warga
g. Faktor Pendukung
Program bisa terlaksana karena
ada bantuan dari teman-teman KKN Unit 32 Selain itu juga adanya warga dalam
kegiatan Sosial dan Keagamaan sehingga
program bisa berjalan lancar.
h. Faktor penghambat
Hampir tidak ada kendala yang
berarti selama berjalannya program ini. Untuk kendala yang terjadi adalah cuaca
i. Solusi
Untuk penyelesaian masalah, sebaiknya
sebelum kegiatan di mulai di persiapkan terlebih dahulu, seperti kata pepatah “
Sedia payung sebelum hujan”.
j. Hasil yang Dicapai
Dari hasil pengamatan yang
penulis lakukan, warga sangat antusias ketika mengikuti kegaiatan. Hal ini
dilihat dari adanya keseriusan warga dalam memperhatikan dan mendengarkan selama
Program di laksanakan.
k. Biaya yang dikeluarkan
Jumlah total biaya yang
dikeluarkan dalam pelaksaan program Dakwah Islam adalah sebesar Rp 8.000,00.
Berikut adalah rincian
dana yang digunakan:
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Total
|
1.
|
Fotocopy materi dan
|
80 x 100
|
Rp. 8.000,,00
|
Total
|
|
Rp. 8.000,00
|
Dokumentasi program
Gambar 2.
Dakwah pada Ibu-ibu
1.2.1.
Bimbingan
Belajar Anak
a.
Latar
Belakang Masalah
Kesibukan warga
Padukuhan Jetis yang bekerja membuat warga, khususnya yang mempunyai anak KLS
3-6 Jarang meluangkan waktu belajar untuk anaknya, padahal minat belajar anak
di dusun Jetis sangat besar. Oleh karena, itu Penulis mengadakan program ini
b.
Deskripsi
Kegiatan
ini merupakan pemberian wawasan Materi
pelajaran sekolah yang telah di pelajari hari lalu ataupun pelajaran sekolah
untuk besok. yang meliputi mata pelajaran sekolah dasar.
c. Tujuan Kegiatan
1. Memberikan wawasan pada Anak
2. Menumbuhkan semangat belajar
3. Memberikan
pemahaman lebih pada pelajran
d. Sasaran
Seluruh Anak
dusun Jetis,
khususnya Anak TPA yang masih duduk
di Sekolah Dasar. Targetnya 20 Anak dan realisasinya 18 Anak
e. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan
Kegiatan ini di Laksanakan di
Pon-Pes Darussalam dan di rumah Warga, waktunya setiap hari, jam 18.30-19.30
kecuali malam minggu.
f. Pelaksanaan
Kegiatan ini terlaksana sesuai
jadwal karena sudah berkordinasi dengan Anak-anak sewaktu mengajar di TPA,
serta orang tua Meraka.
g. Faktor Pendukung
Program bisa terlaksana karena
ada bantuan dari teman-teman KKN Unit 32. Selain itu juga adanya TPA yang sudah
ada di Dusun Jetis, sehimgga penulis tidak kesulitan dalam mengumpulkan Anak-
anak..
h. Faktor penghambat
Kendala yang dihadapi adalah
sewaktu proses pengelompokan anak, karna tempat di Pon-Pes hanya terbatas,
sehingga 1 ruangan untuk belajar bersama
i.
Solusi
Untuk penyelesaian masalah, Perlu
adanya desain ruangan belajar yang baik , sehingga proses pembelajaran dapat
berjalan dengan lancar.
j.
Hasil
yang Dicapai
Dari hasil pengamatan yang
penulis lakukan, anak sangat antusias ketika mengikuti kegaiatan. Hal ini
dilihat dari adanya tanya jawab serta keseriusan Anak dalam memperhatikan dan
mendengarkan selama Program di laksanakan.
k. Biaya yang dikeluarkan
Jumlah total biaya yang
dikeluarkan dalam pelaksaan program Les Belajar Anak adalah sebesar Rp 10.000,00.
Berikut adalah rincian dana yang digunakan:
No
|
Nama Barang
|
Total
|
Jumlah
|
1.
|
Foto copy materi
|
100 x 100
|
Rp. 10.000,,00
|
Total
|
|
Rp10.000,00
|
Dokumentasi program
Gambar 3. Bimbingan Belajar Anak
1.2.1.
Pengaktifan
Remaja
a.
Latar
Belakang Masalah
Kesibukan Remaja di
padukuhan Jetis membuat mereka tidak sempat untuk menghidupkan kembali kegiatan
remaja yang ada dulu pernah ada, sehingga kegiatan untuk remaja di padukuhan
Jetis tidak ada, berbeda dengan Bapak- bapak, Ibu- ibu dan Anak- anak yang
padat melakukan kegiatan rutin setiap minggunya.
b. Deskripsi Kegiatan
Program ini merupakan pemberian kegiatan
yang bermanfaat bagi Remaja seperti bersih- bersih Masjid, mengadakan
perkumpulan setiap malam minggu.
c. Tujuan Kegiatan
1. Memberikan wawasan tentang pentingnya beroganisasi
2. Menumbuhkan rasa kebersamaan
3. menambah tali
silaturohmi
4. mempererat
hubungan
d. Sasaran
Seluruh Renaja
padukuhan Jetis, khususnya Remaja yang tidak sibuk dengan pekerjaan,
targetnya 20 orang dan realisasimya 10 orang.
e. Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan ini di Laksanakan di Masjid,
rumah ketua Pemuda, waktunya untuk pertemuan setiap malam minggu, sedangkan
kegiatan di laksanakan pada minggu pagi.
f. Pelaksanaan
Kegiatan ini terlaksana sesuai
jadwal karena sudah berkordinasi dengan Remaja di padukhan Jetis.
g. Faktor Pendukung
Program bisa terlaksana karena
ada bantuan dari teman-teman KKN Unit 32. Selain itu juga adanya dukuingan dari
warga, khususnya orang tua Meraka.
h. Faktor penghambat
Kendala yang dihadapi adalah
sewaktu pengumpulan awal, sebab penulis tidak mengetahui waktu luang Remaja
yang tepat untuk berkumpul.
i. Solusi
Untuk penyelesaian masalah, Perlu
adanya kordinasi dari Pemuda maupun Pemudi.
j. Hasil yang Dicapai
hasil pengamatan yang penulis lakukan, Remaja
kurang antusias ketika mengikuti program. Hal ini dilihat dari adanya peserta
yang hadir dalam menjalankan kegiatan ini tidak sesuai rencana, namun antusias
yang ikut sangat bersemngat.
k. Biaya yang dikeluarkan
Jumlah total biaya yang
dikeluarkan dalam pelaksaan program Les Belajar Anak adalah sebesar Rp
10.000,00.
Berikut adalah rincian
dana yang digunakan:
No
|
Nama Barang
|
Total
|
Jumlah
|
1.
|
Snack
|
1000 x 50
|
Rp. 50.000,,00
|
Total
|
|
Rp50.000,00
|
Dokumentasi program
Gambar 4.
Ronda malam minggu
1.2.1.
Perbaikan Sarana Ibadah
a.
Latar
Belakang Masalah
Selama observasi yang telah penulis lakukan, penulis
menemukan bahwa di Dusun Jetis mempunyai
1 Masjid selain berfungsi sebagai tempat ibadah juga di gunakan sebagai
Mujahadah, namun lampu di Masjid tersebut masih menggunakan lampu neon serta
lampu tl yang memiliki kualitas biasa, Sehingga dari pihak Masyarakat meminta
Penulis untuk mengganti lampu
tersebut dengan lampu tl yang terang namun hemat energi, hal tersebut
Masyarakat meminta karna Mereka tahu kalau penulis berprofesi sebagai Dokter
Lampu.
b. Deskripsi Kegiatan
Kegiatan ini merupakan pemberian Lampu
hemat enargi terdapat 6 titik dan
pemasangan ini melibatkan sebagian Warga serta Pemuda padukuhan Jetis.
c. Tujuan Kegiatan
1. Memberikan nuansa baru
2. Menumbuhkan semangat beribadah
3. Memudahkan dalam
proses ibadah
d. Sasaran
program ini di berikan untuk Masjid
dengan keikutsertaan Pemuda dalam melaksanakan program ini, sasaranya 2 masjid
dan realisasinya 1 Masjid.
e. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan ini di Laksanakan di Masjid
waktunya jam 08.00-11.00 hanya tanggal 26-11-2013
f. Pelaksanaan
Kegiatan ini terlaksana sesuai
jadwal karena sebelumnya sudah ada musyawarah dengan sebagian Pemuda dan warga.
g. Faktor Pendukung
Program bisa terlaksana karena
ada bantuan dari teman-teman KKN Unit 32. Selain itu juga adanya partisipasi
dan dukungan pemuda dan warga dusun Jetis.
h. Faktor penghambat
Kendala yang dihadapi adalah penempatan
lampu yang cukup tinggi,sehingga memperlambat proses pemasangan
i. Solusi
Untuk penyelesaian masalah, Perlu
adanya fasilitas yang cukup seperti tangga yang memadai.
j. Hasil yang Dicapai
hasil pengamatan yang penulis lakukan, warga
padukuhan Jetis, terutama yang tua sangat senag dengan program ini, terlihat
dari semakin ramainya jamaah yang datang di Masjid.
k. Biaya yang dikeluarkan
Jumlah total biaya yang
dikeluarkan dalam pelaksaan program Les Belajar Anak adalah sebesar Rp 174.000
Berikut
adalah rincian dana yang digunakan:
No
|
Nama Barang
|
Total
|
Jumlah
|
1.
|
Lampu Philip 23 watt
|
30.000 x 3
|
Rp. 30.000
|
2
|
Lampu philip 14 watt
|
22.000 x 2
|
Rp. 24.000
|
3.
|
Lampu philip 55 watt
|
120.000 x 1
|
Rp. 120.000
|
Total
|
|
Rp. 174.000
|
Tabel 2. Rekapitulasi Jam Kerja
Program Individu DPI ,
PST Dakwah Islam, Bimbingan Belajar Anak,
Perbaikan Sarana Ibadah dan Pengaktifan Remaja Padukuhan Jetis
No.
|
Uraian
Kegiatan
|
Tanggal
|
Waktu /
Tempat
pelaksanaan
|
Durasi (jam)
|
|
1.
|
Dakwah Islam /
(Tahlil) Pemberian materi Agama terkait dengan
kehidupan bermasyarakat
|
24/11/2013
|
19.30-20.30 RT 3
|
1 jam
|
|
2.
|
Bimbingan belajar anak / pengulangan materi SKI
serta IPA KLS 4-6
|
25/11/2013
|
19.00-20.30 Pon-Pes Darussalam
|
1 Jam 30 Menit
|
|
3.
|
Perbaikan Sarana Ibadah / pemasangan lampu
hemat energi Bersama
Pemuda
|
26/11/2013
|
08.00-11.00
Masjid
|
3 Jam
|
|
4.
|
Dakwah Islam /
(Tahlil) Pemberian materi Agama terkait dengan
akidah
|
28/11/2013
|
19.30-20.30 Celep
|
1 Jam
|
|
5.
|
Dakwah Islam
( Arisan Dukuh) / Pemberian materi Agama
terkait dengan kehidupan bermasyarakat
|
30/11/2013
|
13.00-14.00 Rumah Dukuh
|
1 Jam
|
|
6.
|
Bimbingan belajar anak KLS 4-6 / mengerjakan PR
bersama B. Arab
|
01/12/2013
|
19.00-20.30 Pon-Pes Darussalam
|
1 Jam 30 Menit
|
|
7.
|
Bimbingan belajar anak / belajar materi untuk
besok B. Inggris
|
03/12/2013
|
19.00-20.30 Pon-Pes Darussalam
|
1 Jam 30 Menit
|
|
8.
|
Dakwah Islam
(Al-Berjanji Ibu-ibu) / Pemberian materi Agama
terkait dengan Ibadah
|
04/11/2013
|
18.30-20.30 Rt 3 Jetis
|
2 Jam
|
|
9.
|
Bimbingan belajar anak / mengasah mental anak
dengan metode aktive learning
|
|
19.00-20.30 Pon-Pes Darussalam
|
1 Jam 30 Menit
|
|
10.
|
Bimbingan belajar anak / mengerjakan PR bersama
mata pelajaran B. Arab
|
06/12/2013
|
19.00-20.30 Rumah Fajar
|
1 Jam 30 Menit
|
|
11
|
Bimbingan belajar anak / membahas pelajaran Fikih untuk besok
|
07/12/2013
|
19.00-20.30 PonPes
Darussalam
|
1 Jam 30 Menit
|
|
12.
|
Pengaktifan Remaja Beserta dakwah / Penyusunan
struktur organisasi Pemuda secara tertulis
|
08/12/2013
|
19.00-21.00
Rumah ketua pemuda (MasRevi)
|
2 Jam
|
|
13.
|
Bimbingan belajar anak / Lomba Cepat Tangkas sekaligus
Perpisahan
|
09/12/2013
|
19.00-20.00
PonPes Darussalam
|
1 Jam
|
|
Total
Jam
|
22 jam
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.1.
Jam
Kerja Unit
Selain jam kerja individu, penulis juga harus menyelesaikan jam kerja program unit.
Jam kerja program unit adalah program kerja yang harus dilaksanakan dan
dijalankan oleh semua Mahasiswa KKN UII unit 32 selama berada di Lokasi KKN. Adapun Program unit
yang kami laksanakan:
1.
Rintisan
PAUD Dusun Jetis
Program ini di lakukan di
RT 02 tepatnya di rumah Bapak Dukuh Jetis, karena dulu di dusun jetis sudah ada
kegiatan PAUD dan pada akhirnya kgiatan tersebut berhenti, oleh karna itu kta
berinisiatif untuk mengaktifkan kembali kegiatan PAUD.
2. Senam sehat umum
(ayo Bersatu)
Program senam sehat ini berguna untuk melatih otot-otot yang kaku
pada masyarakat sehingga otot-ototnya menjadi renggang dan badannya sehat.
3. Profil Desa
Program ini berguna untuk
Dusun jetis karna permintaan bapak Dukuh kemudian profil tersebut akan di kirim
ke Desa.
Berikut adalah
rincian kegiatan program:
Tabel 3. Rekapitulasi Jam Kerja Unit
No
|
Hari,
Tanggal
|
Waktu
|
NamaKegiatan
|
Lokasi
|
|
1.
|
Rabu 20 November 2013
|
15.00-17.00 WIB
|
Rintisan PAUD
Mengajar Bernyanyi
|
Rumah Dukuh
|
2 Jam
|
2.
|
Jumat 22 November
|
15.00-16.00 WIB
|
Rintisan PAUD
Mengajar Menggambar
|
Rumah Dukuh
|
1 Jam
|
3.
|
Minggu 24 November
|
16.00-17.00 WIB
|
Senam Sehat
Fotografer
|
Rumah Dukuh
|
1 Jam
|
4
|
Rabu 27 November
|
15.00-16.00 WIB
|
Rintisan PAUD
|
Rumah Dukuh
|
1Jam
|
5.
|
Kamis 28 November
|
16.00-17.00 WIB
|
Senam Sehat Menjadi intruktur
|
Rumah Dukuh
|
1 Jam
|
6.
|
Jumat 29 November
2013
|
15.00-17.00 WIB
|
Rintisan PAUD
Mengajar origami,
mewarnai dan bacaan do’a sehari-hari
|
Rumah Dukuh
|
2 Jam
|
7.
|
Minggu 1 Desember
2013
|
08.00-11.00 WIB
|
Vidio Profil Desa
|
Home Industri Padukuhan jetis
|
3 Jam
|
8.
|
Senin 2 Desember
2013
|
15.00-17.00 WIB
|
Rintisan PAUD
Mengajarkan bernyanyi
|
Rumah Dukuh
|
2 Jam
|
9.
|
Rabu 4 Desember
2013
|
15.00-16.00 WIB
|
Rintisan PAUD
Mengajarkan mewarnai
|
Rumah Dukuh
|
1 Jam
|
10.
|
Kamis 5 Desember
2013
|
13.00-15.00 WIB
|
Vidio Profil Desa
|
Dusun Celep
|
2 Jam
|
11.
|
Jumat 6 Desember
2013
|
O8.00-11.00 WIB
|
Vidio Profil Desa
|
Dusun Gatak
|
3 Jam
|
12.
|
Jumat 6 Desember
2013
|
13.00-15.00 WIB
|
Vidio Profil Desa
|
Sawah Padukuhan Jetis
|
2 Jam
|
13
|
Jumat 6 Desember
2013
|
16.00-17.00 WIB
|
Rintisan PAUD
Mengajar Menulis
|
Rumah Dukuh
|
1 Jam
|
14
|
Jumat 6 Desember
2013
|
20.00-22.00
|
Editing Vidio Profil Desa
|
Posko Unit 32
|
2 Jam
|
15.
|
Minggu 8 Desember
2013
|
08.00-10.00
|
Editing Vidio Profil Desa
|
Posko Unit 32
|
2 Jam
|
16.
|
Minggu 8 Desember
2013
|
20.00-22.00
|
Editing Vidio Profil Desa
|
Posko Unit 32
|
2 Jam
|
TOTAL JAM
|
28
Jam
|
|
Berikut aalah Gambar Dokumentasi
Jam Kerja Unit :
Gambar 4. Pelaksananaan
PAUD
1.2.3.
Jam Bantu Antar Teman
Selain jam kerja individu dan unit ada juga jam bantu yaitu jam bantu antar teman dan jam bantu masyarakat. Jam bantu antar teman
khususnya adalah jam kerja dimana penulis membantu teman satu unit yang sedang
menjalankan program individunya. Penulis juga berperan aktif dalam proses
pengerjaan jam program individu temannya dalam satu tim atau satu unit. Berikut
adalah rincian kegiatan penulis dalam jam bantu antar teman :
Tabel 4. Rekapitulasi Jam Bantu
Antar Teman
No
|
Hari/
Tanggal
|
Waktu/ Tempat Pelaksanaan
|
Nama Program
|
Penanggung Jawab
|
Jumlah Jam
|
1.
|
Sabtu, 16 November 2013
|
14.00-15.00
Pon- pes Darussalam
|
Penyuluhan Pola Hidup
Sehat
Menjelaskan tentang pentingnya hidup sehat
|
Vebry Setya Putri
|
1 jam
|
2.
|
Sabtu, 16 November 2013
|
16.00-17.00
RT 3 Dusun Jetis
|
Pelatihan Sadari
Membantu menjelaskan kangker payu darah
|
Yesi Oktafarina
|
1 Jam
|
3.
|
Senin 18 November
2013
|
12.30-14.30 Rumah Dukuh
|
Pemeriksaan Status
Gizi tumbuh kembang Pada Anak
|
Vebry Setya Putri
|
2 Jam
|
4.
|
Senin 18 November
2013
|
18.30-19.10
RT 2
|
Penyuluhan dan
pelatihan sadari
Membantu menjelaskan
|
Yesi Oktafarina
|
40 menit
|
5.
|
Selasa 19 November
2013
|
14.00-14.30 Rumah pak Samji (Celeb)
|
Sosoalisasi kandang
ternak
Menyiapkan alat
|
Ade Vita Wahyuniah
|
30 menit
|
6.
|
Selasa 19 November
2013
|
10.00-13.00 Rt 3 Dusun Celep
|
Pemeriksaan Status
Gizi tumbuh kembang Pada Anak
|
Vebry Setya Putri
|
3 jam
|
7.
|
Rabu 20 November 2013
|
12.30-13.30 Rumah Ibu Sudarti
|
Sosialisasi Rumah
Sehat
Menyiapkan alat
|
Ade Vita Wahyuniah
|
1 jam
|
8.
|
Kamis, 21 November 2013
|
18.30-20.30 Rumah Ibu Dusun
|
Pemeriksaan Status
Gizi tumbuh kembang Pada Anak
|
Vebry Setya Putri
|
2 jam
|
9.
|
Kamis, 21 November 2013
|
17.00-18.00
Pon- pes Darussalam
|
Pengajaran Komputer
Membantu menertibkan anak
|
Randy dwi Prabowo
|
1 jam
|
11.
|
Sabtu 23 November
2013
|
10.00-12.00 Rt 1 Jetis
|
Penyuluhan Instalasi lisrik
Mempersiapkan alat
|
Umar
|
2 Jam
|
12.
|
Senin 25 November 2013
|
12.30-15.00 Rt 2 Jetis
|
Pembuatan Kripik Jagung
menggoreng
|
Ichsan Arraza A.
|
2 jam 30 menit
|
13.
|
Sabtu 30 November 2013
|
13.00-16.00 Rumah Dukuh
|
Penanaman Toga
Mencangkul tanah
|
|
3 jam
|
Total Waktu
|
20jam
|
|
|
|
|
|
|
|
Berikut adalah
Dokumentasi Jam Bantu Antar Teman :
Gambar 5. Program Pembuatan Kripik Jagung
1.2.3.
Jam Bantu Masyarakat
Keberadaan Mahasiswa KKN UII di
lokasi adalah untuk membaur ke dalam masyarakat dan membantu segala apa yang bisa dibantu oleh
mahasiswa KKN UII yang bersangkutan. Berikut adalah rincian kegiatan jam bantu
masyarakat :
Tabel 5. Rekapitulasi Jam Bantu
Masyarakat
No
|
Hari/Tanggal Pelaksanaan
|
Waktu/ Lokasi Pelaksanaan
|
Nama Program
|
Jumlah Jam
|
1.
|
Minggu 10 November
2013
|
08.30-11.30 RT 2
|
Membantu bongkar rumah Warga
|
3 jam
|
2.
|
Selasa 19 November
2013
|
07.00-08.00 Rumah Pak RT
|
Membantu Memperbaiki
Lampu Pak RT
|
1 jam
|
3.
|
Selasa 19 November
2013
|
16.00-17.00 Ponpes Darussalam
|
Membantu mengajar TPA
|
1 jam
|
4.
|
Rabu20 November 2013
|
16.00-17.00 Ponpes Darussalam
|
Membantu mengajar TPA
|
1 jam
|
5.
|
Jum’at 22 November 2013
|
16.00-17.00 Ponpes Darussalam
|
Membantu mengajar di TPA
|
1 jam
|
6.
|
Sabtu 23 November 2013
|
16.00-17.00 Ponpes Darussalam
|
Membantu mengajar di TPA
|
1 jam
|
7.
|
Minggu, 24 November 2013
|
10.00-12.00 RT 2
|
Membantu membagikan
pupuk
|
2 jam
|
8.
|
Rabu27 November 2013
|
16.00-17.00 Ponpes Darussalam
|
Membantu mengajar TPA
|
1 jam
|
9.
|
Sabtu 30 November 2013
|
16.00-17.00 Ponpes Darussalam
|
Membantu mengajar TPA
|
1 jam
|
10.
|
Mnggu 1 Desember 2013
|
16.00-17.00 Ponpes Darussalam
|
Membantu mengajar TPA
|
1 jam
|
10.
|
Selasa 3 Desember 2013
|
16.00-17.00 Ponpes Darussalam
|
Membantu mengajar TPA
|
1 jam
|
11.
|
Rabu 4 Desember
2013
|
13.00-15.00 Rumah Pak RT
|
Membantu Memperbaiki
Lampu Pak RT
|
2 jam
|
Total Jam 16 Jam
|
Berikut adalah gambar Dokumentasi dari Jam Kerja Bantu Masyarakat :
Gambar 6. Membantu mengajar TPA
1.2.3. Total
Waktu Kegiatan
Tabel 6. Rekapitulasi total
waktu Mahasiswa Selama Di Lokasi
NO
|
NAMA
PROGRAM
|
KETERANGAN
WAKTU(JAM)
|
1
|
PENGAMBILAN DATA
|
13 Jam
|
2
|
SOSIALISASI
|
2 jam
|
3
|
PROGRAM INDIVIDU
|
22 jam
|
4
|
PROGRAM UNIT
|
28 jam
|
6
|
JAM BANTU TEMAN
|
20 jam 5 Menit
|
7
|
JAM BANTU MASYARAKAT
|
16 Jam
|
Jumlah
Total Waktu Mahasiswa KKN di Lokasi
|
101 jam 5 menit
|
BAB II
PROSES
PEMBELAJARAN MAHASISWA
Selama 1
bulan penulis menempuh KKN di lokasi
yang telah ditentukan, ada beberapa hal yang penulis dapatkan dan bisa menjadi
bahan pembelajaran. Selain itu banyak juga kenangan baik yang sanagt berkesan
selama penulis mengikuti KKN.
Pertama
kali penulis menginjakan kaki di lokasi KKN sangat kagum akan tingginya rasa
saling menghargai dan menghormati antar warga. Penulis juga serig mengikuti
acara mujadahan yang dilakukan setiap malam jum’at, dimana warga sangat
antusias dan kompak mengikutinya.
Selain
itu juga banyak pembelajaran yang penulis dapat diantaranya bagaimana berinteraksi secara langsung dengan
masyarakat luas. Mulai dari melatih berbicara dimuka umum, mengasah sikap
disiplin, dan rasa tanggung jawab. Dengan adanya kegiatan ini, penulis
mendapatkan banyak ilmu yang dapat berguna dikemudian hari, baik didunia kerja
maupun masyarakat. Selain itu juga menumbuhkan semangat kebersamaan dalam hidup
bermasyrakat dan timbul rasa saling mengasihi antar sesama manusia.
Selama mejalankan
program KKN, masyarakat setempat memberikan tanggapan yang sangat baik. Hal ini
dibuktikan dari keikutsertaan warga dalam setiap kaegiatan yang dilaksanakan.
Dukungan, perhatian, serta aspirasi selalu diberikan kepada kami untuk menjadi
lebih baik lagi. Bagi penulis, hal ini sangat berkesan dan menjadi kenangan
tersendiri selama proses KKN berlangsung.
Dalam pembelajaran di masyarakat,
penulis memperoleh banyak hal tentang bagaimana cara beradaptasi dengan
lingkungan baru, adat istiadat, pola pikir, dan perilaku berbagai golongan yang
berbeda. Penulis juga belajar bagaimana hidup bermasyarakat yang sesungguhnya.
Untuk dapat hidup bermasyrakat dan mengerti bagaimana cara melakukannya dengan
baik yaitu dengan cara terjun langsung di masyrakat.
Pembelajaran
individu yang dapat diambil selama pelaksanaan KKN anatara lain bisa mengetahui
sejauh mana penulis dapat menerapkan teori Ilmu yang di peroleh di Universitas
kemudian di terapkan di kehidupan nyata, kemudian intropeksi atas segala
kekurangan dan bernyukur atas kelebihan yang di miliki.
Dalam
pembelajaran masyarakat, penulis memperoleh banyak hal tentang bagaimana cara
beradaptasi dengan lingkungan baru, adat istiadat, pola pikir, dan perilaku
berbagai golongan yang berbeda. Penulis juga belajar bagaimana hidup
bermasyarakat yang sesungguhnya. Untuk dapat hidup bermasyrakat dan mengerti
bagaimana cara melakukannya dengan baik yaitu dengan cara terjun langsung di
masyrakat.
Dalam
melaksanakan KKN ini, mahasiswa berusaha melakukan pengabdian kepada masyrakat,
yaitu dengan cara membantu masyrakat menuju ke arah perbaikan sosial dan ikut
serta menyukseskan pembangunan fisik maupun non fisik. Sejalan dengan hal
tersebut, mahasiwa bersama dengan masyarakat bersama-sama memberdayakan seluruh
potensi sumber daya yang ada.
Pembelajaran program yang dilaksanakan
selama pelaksanaan KKN antara ilmu yang diperoleh dan dipelajari di bangku kuliah
dapat diterapkan dalam program-program yang dilaksanakan selama proses KKN.
Mengetahui bahwa dengan adanya Program yang di jalankan dapat
mengambil pelajaran yang sangat berharga diantaranya melatih bersosialisasi dan beradaptasi dengan warga masyarakat, melatih diri untuk
berbagi ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, mengasah mental berbicara di depan Masyarakat (Dakwah Islam), Melatih
diri menjadi seorang Pendidik (Bimbingan Belajar Anak), melatih kita agar dapat berorganisasi dengan baik (Pengaktifan Remaja), dan dapat melatih kita untuk saling toleransi dan gotong royong, membantu
masyarakat (Perbaikan Sarana Ibadah)
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah mengolah data-data, pegambilan data yang dilakukan
dengan
berkonsultasi dan berdiskusi dengan para tokoh
masyarakat,
maka penulis memutuskan untuk menjalankan program yang berupa Dakwah dan
Pendidikan Islam ( DPI ) Beserta Prasarana, Sarana dan Teknologi ( PST )..
Program ini di laksanakan pada tanggal 08 November 2013 – 6 Desember 2013 sasaranya kepada Bapak-
bapak, Ibu- ibu Remaja, dan Anak anak. Dengan memberikan pengajian, wawasan,perbaikan, pengajaran, dan
pelatihan.
Program yang penulis susun berjalan sesuai dengan jadwal. peserta cukup antusias, minat peserta saat mengukuti program juga cukup baik, hal ini dilihat dari perhatian peserta yang muncul serta aktifnya
peserta saat program berlangsung. Dari hasil observasi dan wawancara yang
penulis lakukan, penulis penulis melihat adanya perubahan, pemahaman serta
peningkatan pengetahuan.
Pada dasarnya
masyrakat di wilayah Dusun Jetis memberikan respon uang positif atas kehadiran
anggota KKN UII Unit SL-32. Masyarakat juga mengucapkan terimakasih kepada
penulis atasn kehadiran, bantuan serta program yang sudah dilaksanakan, baik
dari segi fisik maupun non fisik sehingga dapat membantu dan mengembangkan
pengetahuan Masyarakat di Padukuhan Jetis.
3.2 Saran
dan Rekomendasi
3.2.1
Untuk Universitas Islam Indonesia
Penulis berharap untuk kedepannya UII
dapat melakukan koordinasi yang lebih jelas antar fakultas dan jurusan,
sehingga pembagian dengan jurusan yang berbeda bisa lebih marata. Agar pelaksanaa KKN dapat membantu
masyarakat sasaran dari berbagai aspek sesuai dengan konsentrasi studi
masing-masing.
Penulis juga
mengharapkan KKN dengan sistem menginap selama proses KKN berjalan dapat terus
diadakan, karena KKN dengan sistem ini dapat mempermudah mahasiswa dan warga
dalam bersosialisasi dan berinteraksi secara langsung di lokasi KKN.
3.2.1
Untuk Direktorat Penelitian dan Pengabdian
Masyarkat (DPPM)
a. Penulis berharap dalam penyampaian informasi seputar pelaksanaan KKN
sebaiknya tidak diumumkan dalam rentang waktu yang berdekatan, karena
menyebabkan banyak informasi yang tidak lengkap dan berdampak pada
ketidakjelasan informasi dan kebingungan dari pihak mahasiswa sebagai peserta
KKN.
a.
Dalam
proses penilaian hendaknya DPPM UII tidak berprinsip terhadap banyaknya jam
pelaksaan program, melainkan terhadap keberhasilan dan manfaat suatu program
bagi masyrakat.
b.
Perlu
adanya transparasi pengalokasian dana KKN yang telah dibayar oleh mahasiswa
sebelum KKN berlangsung.
c.
Pendampingan
yang intensif terhadap mahasiswa KKN mengenai tugas-tugasnya sebagai seorang mahasiswa
UII, dan sebagai bagian dar masyrakat itu sendiri. Karena mungkin saja bagi
sebagian mahasiswa, ini merupakan petama kalinya mengikuti KKN, sehingga masih
banyak hal yang membingungkan.
d.
Perlu
adanya subsidi dana untuk program-program yang manfaatnya sangat penting bagi
warga, sehingga tidak memberatkan mahasiswa dari segi pendanaan.
3.2.2
Untuk Dosen Pembimbing Lapangan
Sebaiknya DPL agar lebih sering ke
lokasi KKN untuk memantau perkembangan program dan memberikan solusi yang tepat
jika dalam melaksanakan kegiatan terdapat kesulitan.
3.2.3
Untuk Masyarakat
Untuk program yang sudah di jalankan diharapkan
masyarakat dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.2.4
Untuk Mahasiswa
a.
memilih
dan menentukan program, baik program unit maupun individu yang diambil berdasarkan apa yang menjadi keinginan
dan kebutuhan masyrakat.
b.
Belajar
untuk beradaptsai terhadap lingkungan masyrakat dan bagaiman cara menjalin
komunikasi yang baik terhadap masyrakat di lokasi KKN.
c.
Mahasiswa
KKN diharapkan memiliki pemahaman terhadap pelaksanaan KKN, sehingga tidak
hanya mengejar target waktu kegiatan yang harus terlaksana saja tanpa adanya
interaksi dan sosialisasi dengan masyrakat
d.
Kegiatan
KKN ini seharusnya dimaknai sebagai proses pendewasaan diri bagi mahasiswa,
jangan dijadikan sebagai beban dan pekerjaan yang sangat berat dan dilupakan
begitu saja setelah KKN.
3.3 Rekomendasi
Dari hasil analisis dan diskusi
dengan semua anggota Unit 32, lokasi KKN di Padukuhan Jetis Semberrejo
DIREKOMENDASIKAN untuk kegiatan KKN selanjutnya, terlebih lagi untuk program DPI dan PST dan diharapkan
memiliki keahlian mengenai program
tersebut agar dapat berjalan sebagaimana mestinya
LAMPIRAN
a. Presensi
Kegiatan